Kamis, 16 Oktober 2008

VIRTUAL BOX DI UBUNTU 8.04

Sebagai pemula di dunia linux aku belum sepenuhnya lepas dari kebutuhan program yang hanya dapat dijalankan di os Windows seperti untuk kebutuhan perencanaan schedule suatu proyek, memang sih di Linux sudah banyak program yang sejenis tetapi tidak dapat berinteraksi dengan MS Project yang digunakan rekan kerja aku, dan ada beberapa program yang disediakan oleh perusahaan untuk keperluan kerja yang berbasis sitem Windows.
Untuk mengatasi masalah itu aku mencari informasi baik itu dimedia cetak atau di dunia maya ( nanya om google ), ternyata banyak sekali program untuk membantu menjalankan aplikasi Windows di Linux yang salah satunya adalah Virtual Box yang dapat didown load dari http://www.virtualbox.org, untuk proses installasinya pun tidak lah sulit tinggal klik kanan mous pada paket programnya langsung terinstall di sistem.
Waktu pertama menjalankannya ada masalah dari drive virtual boxnya seperti ini:

The VirtualBox kernel driver is not accessible to the current user. Make sure that the user has write permissions for /dev/vboxdrv by adding them to the vboxusers groups. You will need to logout for the change to take effect..
VBox status code: -1909 (VERR_VM_DRIVER_NOT_ACCESSIBLE).
Result Code: 
0x80004005
Component: 
Console
Interface: 
IConsole {d5a1cbda-f5d7-4824-9afe-d640c94c7dcf
}

tapi itu bukanlah masalah yang besar karena dengan menjalankan perintah di terminal seperti ini :

$ sudo gedit /etc/init.d/vboxdrv

dan merubah “GROUPNAME= nama login kita” setelah di simpan jalankan lagi perintah :

$ sudo /etc/init.d/vboxdrv setup 

sudah teratasi masalah tersebut, untuk berbagi data aku pakai usb flash disk ternyata ini juga ada masalah flash disk aku tidak bisa dibaca walau sudah terditek

Could not load the Host USB Proxy Service (VERR_FILE_NOT_FOUND). The service might be not installed on the host computer.
Result Code: 
0x00004005
Component: 
Host
Interface: 
IHost {81729c26-1aec-46f5-b7c0-cc7364738fdb}
Callee: 
IMachine {f95c0793-7737-49a1-85d9-6da81097173b}


Berdasarkan dari manual booknya kesalahan tersebut dapat diatasi dengan melakukan penambahan baris berikut :

# 85 is the USB group 
none /proc/bus/usb usbfs devgid=85,devmode=664 0 0 ”


pada file fstab dengan menggunakan perintah pada terminal sebagai berikut:

$ sudo gedit /etc/fstab 

 juga mengganti “85” dengan kode user group kita yang dapat dilihat pada properti user and group.
Untuk saat ini aku bisa memanfaatkan Virtual Box untuk menjalankan sistem Windows-XP bajakan di linux untuk menjalankan program yang aku butuhkan, tetapi masih terasa belum sreg di hati ini karena tetap aku masih harus pake os bajakan.
Aku berharap untuk kedepannya nanti aku tidak lagi perlu menggunakan os bajakan dan aku bisa dengan nyaman menggunakan Linux di tempat kerja.

Tidak ada komentar: